Sebaran Dan Faktor – Faktor Penularan Gonore (Kencing Nanah) Dalam Lingkup Sosial

penyakit kencing nanah gonore pria

Gonore adalah penyakit menular seksual. Ini adalah infeksi bakteri pada uretra pria dan uretra wanita, leher rahim atau keduanya pada wanita. Gonore dapat mempengaruhi rektum, anus, leher atau organ panggul dan jarang konjungtiva (selaput yang melapisi kelopak mata dan permukaan mata).

Risiko penyakit ini lebih tinggi pada wanita daripada pria. Infeksi gonokokus umumnya ditularkan melalui vagina, anal atau oral. Anak-anak akan terinfeksi saat lahir jika ibu terinfeksi.

Ada dilaporkan setiap tahun sekitar 1 juta kasus penularan gonore, sementara setidaknya jumlah yang sama dari kasus penularan gonore tidak dilaporkan. Rata-rata, seorang pria akan terinfeksi setiap 4 kali kontak seksual dengan wanita yang terinfeksi. Seorang wanita akan terinfeksi pada setiap 2 kali kontak seksual dengan pria yang terinfeksi.

Insiden dan Prevalensi (Faktor Resiko) penularan gonore

Insiden dan prevalensi penyakit, tergantung langsung pada usia, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, status sosial, status perkawinan, tempat tinggal dan tidak setidaknya tergantung pada tingkat pendidikan individu, semua faktor ini adalah faktor yang mempengaruhi perilaku seksual, bagaimana kita peduli dengan kesehatan kita, bagaimana kita melindungi dan itu juga mempengaruhi pelacakan penyakit, dan juga akses ke layanan medis khusus. Di antara mereka yang aktif secara seksual, kasus penularan gonore paling banyak dilaporkan di kalangan remaja, orang-orang dari lingkungan hidup miskin, mereka yang tidak berpendidikan, mereka yang tinggal di pusat kota yang padat, tetapi juga mereka yang belum menikah; semua kategori sosial ini memainkan peran sentral dalam penularan gonore dalam suatu populasi.

Narkoba Dan Praktik Prostitusi – Faktor Sebaran Gonore

Gonore masih terkait dengan kokain dan praktik prostitusi; insiden tertinggi penyakit ini di antara pria dewasa; untuk wanita muda, yang tanpa gejala, yang berisiko menularkan penyakit, di beberapa negara dilakukan kultur bakteri secara rutin; metode-metode ini juga dapat diterapkan dalam kasus-kasus perempuan di pusat penahanan remaja atau mereka yang berada di pusat-pusat pecandu narkoba – yang seringkali dapat menimbulkan infeksi gabungan, gonore dan klamidia. Untungnya, dalam beberapa tahun terakhir kejadian gonore terus menurun.

Lebih penting daripada penanganan rutin adalah melakukan tindakan pencegahan, karena gonore sering ditularkan oleh individu tanpa gejala atau gejala minimal. Seringkali, orang yang bergejala ditemukan terinfeksi baru-baru ini oleh orang yang tidak bergejala; orang yang tidak bergejala ini harus didiagnosis dan diobati dengan benar untuk mencegah terjadinya kasus infeksi baru. Jika seseorang terinfeksi, riwayat seksualnya sangat penting karena memungkinkan identifikasi semua kontak seksual, dan memperlakukannya sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku.

Peningkatan HIV Akibat Penularan Gonore

Selain itu, studi epidemiologi telah mengungkapkan adanya hubungan timbal balik antara penularan gonore dan infeksi dan penularan HIV; gonore meningkatkan risiko tertular infeksi HIV; gonococcus urethritis merangsang eliminasi sel yang terinfeksi HIV dalam eksudat uretra, untuk semua laki-laki HIV-positif; debit uretra ini akan berkurang dan kemudian akan hilang sepenuhnya setelah pengobatan dan penyembuhan uretritis. Infeksi HIV, meningkatkan risiko infeksi ulang dengan Gonococcus dan meningkatkan risiko komplikasi.

Timbulnya gejala klinis sangat tergantung pada lokasi infeksi, durasi infeksi, virulensi dari strain yang menginfeksi, dan ada atau tidaknya penyebaran infeksi. Belum sepenuhnya ditetapkan pentingnya ukuran inokulum, dan juga pentingnya hubungan infeksi simultan oleh 2 virus seperti dengan klamidia atau patogen lainnya, dalam hal keparahan timbulnya gejala klinis.