Komplikasi-Komplikasi Yang Diakibatkan Penyakit Gonore

Anda mungkin pernah mendengar tentang  gonore tetapi banyak orang tidak tahu apa itu. Gonore  adalah penyakit menular seksual yang umum  disebakan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Baik pria maupun wanita bisa terkena penyakit ini. Bakteri gonococcus biasanya sering ditemukan di  penis dan keputihan orang yang terinfeksi.

Penyakit bakteri ini dapat menyerang dubur, leher rahim (serviks), saluran kencing (saluran kemih dan sperma), mata dan tenggorokan.

Gejala  Gonore

Biasanya gonore atau kencing nanah tidak menunjukkan gejala apapun. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi terutama wanita. Empat dari lima wanita dengan penyakit ini tidak memiliki gejala gonore. Satu dari 10 orang dengan  gonore tidak memiliki gejala.

Jika Anda memiliki gejala gonore gejala tersebut mungkin muncul dalam  1 hari setelah  infeksi.

Ketika wanita memiliki gejala  gonore mereka sering mengalami sakit perut, pendarahan di antara periode, demam, ketidakteraturan menstruasi, nyeri saat berhubungan seks, buang air kecil menyakitkan, bengkak atau nyeri pada vulva,  buang air kecil lebih dari biasanya, muntah dan tinja berwarna kuning atau keputihan berwarna kuning-hijau.

Ketika pria memiliki gejala gonore biasanya keluarnya nanah  dari penis nyeri atau  terbakar saat buang air kecil dan  uang air kecil lebih dari biasanya.

Dalam kedua kasus baik pada wanita maupun pada pria gonore dapat menyebabkan anus gatal. Ini juga dapat menyebabkan uang air kecil dan tinja yang menyakitkan. Tenggorokan yang gatal dan kesulitan menelan bisa menjadi gejala infeksi mulut. Sembilan dari sepuluh infeksi mulut tidak menunjukkan gejala.

Gejala gonore  mungkin tidak muncul sampai pagi  dan bisa ringan terutama pada pria. Inilah sebabnya mengapa banyak orang tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi. Jika Anda atau pasangan mengalami salah satu gejala  di atas segera cari pengobatan. Dan sangat penting jika Anda sedang hamil karena bisa berefek pada si jabang bayi.

Komplikasi Gonore

Gonore mudah diobati tetapi jika tidak diobati dapat mengancam kesehatan wanita dan pria secara serius.

Komplikasi Saat Hamil

Selama kehamilan gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan kelahiran prematur dan kematian si jabang bayi.

Gonore dapat ditularkan dari ibu ke janin saat melahirkan. Infeksi ini menyebabkan infeksi pada darah, sendi, dan mata. Untuk mencegah infeksi mata yang serius dari gonore antibiotik biasanya dimasukkan ke dalam mata bayi yang baru lahir segera setelah bayi lahir. Mengobati gonore selama  kehamilan dapat mengurangi risiko penularan.

Infertilitas/kemandulan

Pada wanita  jika tidak diobati, maka gonore dapat menginfeksi saluran tua ovarium atau rahim. Juga dikenal seagai penyakit radang panggul. Hingga satu dari lima wanita dengan gonore yang tidak diobati akan mengembangkan penyakit radang panggul. Jika penyakit radang panggul  tidak segera diobati hal itu dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk hamil.

Gonore juga dapat menyebabkan kemandulan para pria. Ini dapat menyebar dari uretra ke testis. Dan ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut epididimitis. Satu dari lima pria dengan infeksi gonokokal yang  tidak dioati akan mengalami epididimitis. Epididimitis dapat menyebabkan infertilitas. Dan gejalanya termasuk demam serta pembengkakan dan nyeri hebat di daerah skrotum.

Arthritis /radang sendi

Tiga dari setiap 100 wanita dan pria dengan gonore yang tidak diobati akan mengembangkan kondisi yang disebut disseminated gonococcal infection (DGI). DGI dapat menyebabkan radang sendi dan luka pada kulit. Wanita empat kali lebih mungkin  untuk mengembangkan DGI daripada pria. Gadis remaja memiliki tingkat infeksi tertinggi.

Gejalanya antara lain:

1. nyeri sendi
  2. ruam kulit atau lesi
  3. demam

Kencing nanah bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng tidak hanya menular tetapi juga dapat ditularkan oleh penyakit lain dan dapat menular dengan cepat pada wanita maupun anak-anak . Pada pria gonore biasanya menginfeksi uretra dan pada wanita biasanya menginfeksi uretra atau leher rahim atau keduanya. Infeksi dapat menyebar ke usus besar, tenggorokan, anus dan organ panggul. Dalam kasus yang jarang terjadi penyakit ini juga dapat menginfeksi mata. Jika  tidak diobati gonore dapat menyebabkan masalah yang sangat serius. Pada wanita jika tidak diobati gonore dapat menyebar ke rahim, tuba falopi dan ovarium. Hal ini dapat menyebabkan luka dan radang panggul yang menyebabkan infertilitas dan kehamilan ektopik (kehamilan ektopik).

Mendiagnosis Gonore

Diagnosis gonore pada pria dapat dilakukan dengan menganalisis sampel urin atau dengan metode yang berlaku untuk baik  pria maupun wanita yaitu tes sampel keputihan atau cairan penis . Tes sampel urin untuk memeriksa gonore pada wanita tidak terlalu akurat oleh karena itu tes dilakukan dengan mengambil sampel keputihan. Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki gejala gonore atau infeksi menular seksual lainnya sebelum menjadi masalah kesehatan jangka panjang yang lebih serius.

Setelah didiagnosis disseminated gonococcal infection dapat dengan mudah diobati. Jika tidak diobati DGI  dapat merusak sendi secara permanen. Jika Anda merasa menunjukkan gejala gonore dan memiliki keraguan tentang gejala Anda silakan hubungi dokter klinik kami segera untuk saran dan jawaban atas pertanyaan Anda.

Jangan pernah menunda pengobatan  gonore sampai semakin parah! Sebelum sulit untuk dihadapi dan sebelum terlambat. Segera dapatkan perawatan yang sangat tepat! Hubungi sekarang untuk konsultasi gratis di: 081396254650.

Klinik Raphael adalah penyedia layanan medis berbasis klinik untuk pengobatan penyakit kelamin dan pengobatan kencing nanah terdekat di Bekasi. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit ini Anda dapat melakukan konsultasi online gratis melalui WA di 081396254650 atau Anda dapat datang ke klinik kami langsung klinik Raphael  Alamat Jl. M.H Thamrin Blok B No.17, Cibatu, Cikarang Selatan, Kab. Bekasi – Jawa Barat 17520.