Apa itu Pelvics Congestion Syndrome (PCS)

Pelvics Congestion Syndrome (PCS).

Ketika 15-20% wanita antara usia 18 dan 50 tahun mengalami beberapa jenis nyeri panggul (kronis) yang berlangsung lama,maka bisa dipastikan bahwa ada masalah kesehatan. Ada berbagai penyebab nyeri panggul kronis pada wanita, tetapi penyebab umum yang sering diabaikan adalah Pelvics Congestion Syndrome (PCS).

Apa itu Pelvics Congestion Syndrome (PCS)?

Pelvics Congestion Syndrome (PCS) ditandai dengan pembuluh darah di panggul dan ovarium yang membesar akibat katup yang melemah yang tidak menutup dengan benar. Hal ini sangat mirip dengan varises di kaki, maka sindrom ini bisa disebut Varises Rahim. Ketika vena dan katup terlalu lemah untuk menutup dengan benar, ini memungkinkan darah mengalir mundur dan terkumpul di vena. Ini menciptakan peningkatan tekanan dan menyebabkan pembuluh darah menonjol. Hal ini sering mengakibatkan rasa sakit dan dapat mempengaruhi rahim, ovarium dan vulva.

Lebih dari separuh wanita dengan PCS akan mengalami perubahan kistik pada ovarium dan cenderung memiliki rahim yang lebih besar dan endometrium yang lebih tebal. Meskipun PCS hadir pada sekitar 15% wanita, tidak semua wanita mengalami gejala. Namun, bagi mereka yang mengalaminya, maka rasanya bisa menjadi sangat tidak nyaman dan terkadang menjadi gejala yang menyiksa.

Tanda dan gejala Pelvics Congestion Syndrome (PCS)

Nyeri berlangsung lama dan terletak di perut bagian bawah dan terkadang punggung bagian bawah. Rasa sakit dialami sebagai sensasi tumpul dan nyeri.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan gejala:

1. Mengikuti Hubungan Seks
  2. Selama atau sesaat sebelum permulaan periode menstruasi
  3. Selama masa kehamilan
  4. Setelah seharian berdiri

Gejala lain yang dilaporkan termasuk:

1. Beser (Keinginan buang air kecil terus menerus)
  2. Perut kembung
  3. Pendarahan menstruasi yang tidak normal
  4. Keputihan
  5. Vulva/vagina bengkak
  6. Varises di selangkangan, bokong atau paha
  7. Kelelahan
  8. Perubahan suasana hati
  9. Depresi

Faktor Resiko Pelvics Congestion Syndrome (PCS)

1. Paling sering terlihat antara usia 20 dan 45 tahun
  2. Lebih sering terjadi pada wanita dengan kehamilan ganda, misalnya kembar dan kembar tiga, dll
  3. Perubahan hormonal: Estrogen dalam tubuh menyebabkan vasodilatasi dan dapat melemahkan dinding vena. Hal ini dapat mengakibatkan akumulasi darah di pembuluh darah di daerah panggul.
  4. Sering terlihat pada wanita hamil dan mereka yang baru saja melahirkan karena tingginya kadar estrogen yang ditemukan dalam tubuh wanita selama kehamilan

Diagnosis Pelvics Congestion Syndrome (PCS)

Pelvics Congestion Syndrome (PCS) sering terlewatkan selama pemeriksaan rutin karena ketika wanita berbaring untuk pemeriksaan panggul. Posisi ini mengurangi tekanan dari vena ovarium, menyebabkan vena tidak lagi menonjol dan menghentikannya dari rasa sakit.

Begitu banyak wanita akan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari tahu apa penyebab nyeri panggul kronis mereka dan tidak pernah menerima diagnosis yang benar. Pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab ini pada akhirnya dapat menyebabkan perasaan tidak berdaya dan depresi. Wanita yang harus hidup dengan rasa sakit kronis ini bukan satu-satunya yang terpengaruh. Keluarga dan hubungan pribadinya juga bisa menjadi terpengaruh. Tidak memiliki jawaban yang tepat mengapa Anda mengalami rasa sakit dapat melelahkan dan menurunkan pandangan hidup Anda.

Jika Anda mengalami nyeri panggul kronis, dengan atau tanpa gejala terkait di atas, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menyingkirkan kondisi lain. Setelah patologi atau peradangan lain telah disingkirkan dengan pemeriksaan panggul menyeluruh, Anda mungkin dirujuk ke spesialis untuk scanning. Pasien sering dirujuk ke ahli radiologi intervensi. Spesialis ini dapat mendiagnosis Pelvics Congestion Syndrome (PCS) melalui beberapa tes pencitraan invasif minimal.

USG

Menerima USG panggul kemungkinan besar menjadi langkah pertama untuk membantu dalam mendiagnosis sindrom ini. Tes ultrasound ini juga dapat menunjukkan apakah ada penyebab lain dari rasa sakit selain Pelvics Congestion Syndrome (PCS). Ultrasonografi dapat dilakukan baik secara transabdominal atau transvaginal. Ultrasonografi transabdominal dilakukan dengan perangkat di atas perut dan transvaginal dilakukan dengan perangkat di dalam rongga vagina, memungkinkan untuk melihat lebih langsung pada daerah yang terkena.

Prosedur ini biasanya dilakukan dengan pasien berbaring. Profesional perawatan kesehatan perlu menyadari bahwa ini akan menurunkan tekanan di pembuluh darah dan menyebabkan penurunan ukuran pembuluh darah yang sebenarnya tidak normal. Dengan demikian, mereka mungkin secara keliru mengesampingkan Pelvics Congestion Syndrome (PCS) dengan menggunakan tes ini. Perawatan kesehatan profesional perlu membuat pasien berdiri untuk membuat diagnosis sindrom kongesti panggul dengan jelas.

CT atau MRI

Baik CT dan MRI dapat mendeteksi pembuluh darah yang membesar, tetapi mereka tidak akan dapat mendeteksi apakah ada pembalikan aliran di dalam vena ovarium atau tidak. Kinerja pemeriksaan CT memiliki risiko paparan radiasi dan tidak dianjurkan untuk digunakan pada wanita hamil.

Venografi panggul

Ini dianggap sebagai metode yang paling akurat untuk diagnosis Pelvics Congestion Syndrome (PCS). Diagnosis ini dapat dengan jelas mengenali pembuluh darah abnormal dan pembalikan aliran di dalam pembuluh darah yang terkena melalui penggunaan pewarna kontrak yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah dan kemudian divisualisasikan melalui penggunaan sinar-X. Ini dilakukan di atas meja pemeriksaan yang diletakkan di atas bidang miring sehingga pembuluh darah tetap menonjol dan terlihat.

Perlakuan/Perawatan

Untungnya ada beberapa pilihan pengobatan yang minimal kerusakan.

Embolisasi

Seringkali ahli radiologi intervensi yang melakukan prosedur pengobatan embolisasi. Kateter tipis dimasukkan ke dalam vena femoralis dan kemudian dipandu, dengan menggunakan teknologi x-ray, langsung ke vena ovarium yang abnormal. Vena yang terkena kemudian ditutup rapat. Ini menghambat pembalikan aliran darah dan akan mengurangi tekanan di dalam vena panggul.

Proses ini dapat dilakukan sebagai prosedur rawat jalan, dengan sebagian besar pasien keluar dari rumah sakit setelah beberapa jam observasi. Hampir semua pasien akan dapat kembali beraktivitas normal dalam waktu 24 jam.

Tergantung pada tingkat keparahan gejala wanita, embolisasi mungkin bukan pilihan pengobatan terbaik.

Perawatan tambahan mungkin termasuk:

1. Meresepkan analgesik untuk mengurangi rasa sakit.
  2. Pengobatan hormon untuk menurunkan kadar hormon wanita dan penyebabnya. Menghentikan menstruasi, dengan tujuan meredakan gejala yang menyakitkan.
  3. Jika gejalanya parah dan embolisasi bukanlah pilihan, pilihan pembedahan termasuk histerektomi dengan pengangkatan ovarium, dan pengangkatan pembuluh darah.

Hasil

Dalam kasus yang jarang terjadi bahwa pemulihan tidak terlihat menggunakan embolisasi. Pilihan pengobatan tambahan yang tercantum di atas sangat efektif dalam menangani gejala PCS. Serta embolisasi menjadi lebih murah daripada operasi dan jauh lebih tidak merusak. Ada tingkat komplikasi yang sangat rendah terkait dengan embolisasi vena ovarium dan 85- 95% pasien melaporkan perbaikan gejala mereka. Setelah embolisasi awal, sesi lain mungkin diperlukan jika beberapa vena perlu diembolisasi. Tingkat keberhasilan pilihan pengobatan membuat harapan akan kesembuhan menjadi lebih positif.