Gonore Penyakit Menular Melalui Seksual

Penyakit gonore atau kencing nanah merupakan penyakit yang dapat menginfeksi kepada laki-laki maupun perempuan. Kamu berisiko terkena penyakit ini jika kamu aktif melakukan hubungan seksual, apalagi jika berganti-ganti pasangan.

Gonore disebabkan adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menyebabkan penyakit ini bersarang di uretra kamu. Bakteri ini juga bisa menginfeksi mata, tenggorokan vagina, anus hingga saluran reproduksi perempuan.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai penyakit gonore bias dikonsultasikan dengan tenaga medis klinik Raphael dengan cara pilihan gambar diatas.

Gonore Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual adalah infeksi yang dapat ditularkan lewat aktivitas seksual dari satu orang ke orang lain. Aktivitas seksual di sini bukan hanya yang terjadi secara vaginal dan anal saja, tapi juga bisa lewat ciuman, sex oral bahkan penggunaan mainan seks.

Kebanyakan penyakit menular seksual ini bisa disembuhkan, tapi obat yang efektif kadang tidak bisa ditemukan untuk beberapa penyakit seperti human immunodeficiency virus hiv, human papilloma virus hpv dan kemungkinan hepatitis B.

Beruntungnya, penyakit gonore ini bisa disembuhkan, asalkan kamu menjalani pengobatannya dengan baik dan tuntas. Jika tidak, kamu bisa terkena komplikasi yang membahayakan diri.

Penularan Penyakit Gonore

Penyakit gonore ditularkan dari orang ke orang karena adanya aktivitas seksual yang tidak menggunakan pengaman, baik itu oral, anal, atau vaginal.

Bakteri penyebab gonore ini dapat menyebar saat sperma, cairan pra-sperma dan cairan vagina menyentuh atau masuk ke dalam area kelamin, anus atau mulut kamu. Gonore bahkan dapat ditularkan meskipun penis tidak masuk seluruhnya ke vagina atau anus kamu.

Ibu hamil yang sudah terinfeksi gonore dapat menularkan penyakit ini ke bayi pada saat melahirkan. Biasanya, penyakit gonore pada bayi akan menyerang di bagian mata.

Bakteri penyebab gonore hanya bisa ditularkan lewat aktivitas seksual, jadi kamu tidak akan tertular dan menularkan hanya karena berbagi makanan dan minuman, berciuman, berpelukan, bergandengan tangan, batuk, bersin atau duduk di toilet.

Faktor Risiko Dari Penyakit Gonore

Cara terbaik untuk membuatmu jauh dari risiko penyakit ini adalah tidak melakukan seks sama sekali. Kamu memiliki risiko rendah apabila menjalani hubungan jangka panjang dengan satu pasangan saja, dan pasangan kamu pun mejadikan kamu satu-satunya pasangan dia.

Risiko kamu terpapar penyakit ini akan tinggi apabila kamu:

• Masih muda, karena kebanyakan yang terkena adalah yang berusia dari 15-24 tahun.
  • Melakukan hubungan seksual dengan orang baru.
  • Melakukan hubungan seksual dengan orang yang pernah melakukan hubungan seksual dengan orang lain.
  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Pernah terjangkit penyakit gonore sebelumnya.
  • Memiliki penyakit menular seksual lainnya.

Gejala Penyakit Gonore

Gejala dari penyakit ini biasanya muncul dalam dua atau empat belas hari setelah kamu terpapar. Meskipun demikian, beberapa orang yang terkena penyakit ini tidak memiliki gejala.

Meskipun ada orang tanpa gejala, tapi tetap saja dia masih bisa menularkan penyakit ini. Oleh karena itu, kamu harus tetap berhati-hati.